Analisis SKL KI KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Lengkap semua Mata Pelajaran

Analisis SKL KI KD SMP/MTs Kurikulum 2013 yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam menlengkapi perangkat administrasi pembelajaran disekolah secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan SKL KI KD Kurikulum 2013 ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 7, 8, 9 ini dapat anda dapatkan dengan mendownload link yang sudah saya sediakan dibawah. Sebagai guru yang ideal, Analisis SKL, KI dan KD ini sangatlah penting supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cepat dan tepat.

File ini saya bagikan lengkap untuk semua kelas (VII, VIII, IX) dan semua mapel (SKL Matematika, SKL IPA, SKL IPS, SKL Bahasa Inggris, SKL Bahasa Indonesia, SKL PKN, SKL PAI, SKL Seni Budaya, SKL Prakarya, SKL PJOK, SKL Bahasa Daerah) dan termasuk mapel PAI Mts seperti Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab.

Tidak hanya berbagi link file, disini juga saya akan mengulas sedikit saja mengenai analisis keterkaitan skl ki dan kd kurikulum 2013 SMP disertai dengan cara menganalisisnya. Sebelum itu kita harus paham dulu mengenai pengerian SKL, KI dan KD.

Download Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP



Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada pendidikan SMK adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dapat dicapai setelah peserta didik menyelesaikan mata belajar. SKL merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD.KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai SKL.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti dan dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.

KL, KI dan KD dapat tercapai dengan adanya Proses Pembelajaran dan Penilaian yang terukur (lihat gambar diatas). Kemudia untuk dapat mengaitkan atau menganalisis keterkaitan antara SKL, KI dan KD adalah dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Melakukan linearisasi antara KI dan KD dari pengetahuan (KI-3), dengan cara:
  • Melihat level kognitif pada KD dan KI, dan
  • Melihat hubungan antara level kognitif dan dimensi pengetahuan.
  • Melakukan linierisasi KD dari KI-3 dan KD dari KI-4;
2. Mengidentifikasi keterampilan yang perlu dikembangkan sesuai rumusan KD dari KI-4; apakah termasuk keterampilan abstrak atau konkrit.

3. Mengidentifikasi sikap-sikap yang dapat dikembangkan dalam kegiatan yang dilakukan mengacu pada rumusan KD dari sikap spiritual dan sikap social.

Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 7, 8, 9


Semoga Analisis SKL KI KD SMP/MTs Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Saran dan kritik saya harapkan untuk dijadikan bahan perbaikan pada blog ini. Blog ini pun berisikan Perangkat mengajar semuaa mata pelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 maupun KTSP,mulai jenjang SD,SMP,SMA , Update terus ya Pak/Bu,terimakasih juga untuk kunjungannya kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel