Model Pembelajaran SMP Kurikulum 2013 ( Analisis Penerapan Model Pembelajaran )

Model Pembelajaran SMP Kurikulum 2013 ( Analisis Penerapan Model Pembelajaran ) yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapannya, Jika dalam proses pendownlodan Pendekatan pembelajaran kurikulum 2013 ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan ialah masalah lemahnya proses pembelajaran, salah satunya kurang mampunya para pendidik dalam mendesain model pembelajaran /Pendekatan Pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung di kelas. Kenyataan ini berlaku untuk semua mata pelajaran karena rata-rata proses pembelajaran di kelas diarahkan kepada kemampuan peserta didik hanya sekedar untuk menghafal informasi, tanpa dituntut untuk memahami informasi kemudian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Model Pembelajaran Kurikulum 2013 ( Analisis Penerapan Model Pembelajaran )




Tetapi untuk saat ini sudah ada beberapa sekolah yang sudah mencoba untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan dalam proses pembelajarannya, agar belajar lebih menarik dan terkesan tidak membosan. Perubahan-perubahan itu dilakukan baik dari para pendidik itu sendiri maupun sistem pendidikan di sekolah tersebut.

Proses pembelajaran yang terencana itu mengarahkan kepada hasil yang seimbang, yaitu membentuk manusia yang berkembang secara utuh. Maksudnya, peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Sehingga akhir dari sebuah proses pendidikan, peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang baik, kecerdasan, akhlak mulia serta mempunyai life skill (baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara).Maka dalam paper ini, akan dibahas mengenai model-model pembelajaran karya La Iru dan La Ode SafiunArihi,pembahasan Bab V (hal 47-155), yang mencoba menawarkan beberapa model pembelajaran agar proses pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton atau membosankan.

Adapun ciri-ciri umum model-model pembelajaran, sebagai berikut:
  • Memiliki prosedur yang sistematis, karena model pembelajaran bukan sekedar model yang sembarangan tetapi memiliki prosedur yang sistematis. 
  • Hasil belajar diterapkan secara khusus, kerena setiap model-model pembelajaran mempunyai tujuan-tujuan khusus. 
  • Penetapan lingkungan sucara khusus. 
  • Ukuran keberhasilan, model menentukan kriteria keberhasilan yang diharapkan dari siswa atau peserta didik. 
  • Interaksi dengan lingkungan. 
  • Pedoman, model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman apa yang dapat menjelaskan, apa yang harus dilakukan oleh seorang guru atau pendidik. 
  • Pengembangan kurikulum. 
  • Menetapkan bahan-bahan mengajar. 
  • Membantu perbaikan dalam mengajar. 
Selengkapnya Anda dapat mengunduh filenya dibawah ini

Download Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Lengkap dengan analisisnya


Semoga Model Pembelajaran SMP Kurikulum 2013 ( Analisis Penerapan Model Pembelajaran ) ini dapat sedikitnya membantu anda dalam menunjang penyampaian dalam pembelajaran. Segala kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang,terimakasih juga atas kunjungannya kali ini.....!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel